KNOWLEDGE MANAGEMENT

31/01/2011 in Berita

Dalam organisasi bisnis, kinerja dalam pencapaian tujuan amatlah penting dan dapat berpengaruh kepada kelangsungan organisasi atau perusahaan tersebut. Tujuan perusahaan dalam bisnis, pada umumnya, antara lain adalah keuntungan yang didapat perusahaan, efisiensi, penguasaan terhadap pasar, dan lain sebagainya. Jika perusahaan mampu mencapai tujuan-tujuannya dengan ukuran tertentu maka kinerjanya dianggap relatif baik. Kinerja yang baik juga diperlukan dalam rangka menghadapi persaingan usaha yang semakin ketat. Perusahaan harus memiliki keunggulan tertentu dalam persaingan di pasar agar tidak kalah bersaing dan dapat terus menjalankan bisnisnya.

Kinerja perusahaan bergantung, salah satunya, pada informasi dan pengetahuan yang dimilikinya, jika informasi dan pengetahuan yang dimiliki semakin banyak dan akurat maka semakin besar potensi untuk mencapai kinerja yang diharapkan. Informasi dan pengetahuan yang dimaksud tentunya yang berkaitan dengan bisnis perusahaan tersebut. Dalam era teknologi informasi sekarang ini informasi dan pengetahuan adalah aset yang berharga dalam bisnis, sehingga perusahaan pun berusaha melindungi sebisa mungkin informasi dan pengetahuan yang dimilikinya. Sebagai contoh perusahaan minuman ringan Coca-cola memiliki resep dan cara produksi tertentu yang menyebabkan rasa dari produknya memiliki keistimewaan dan dianggap sebagai keunggulan produk. Maka dengan alasan tersebut Coca-cola melindungi resep, komposisi dari produknya sehingga tidak dapat ditiru oleh kompetitornya. Informasi dan pengetahuan dipandang sebagai sumberdaya yang dimiliki oleh perusahaan dan harus dikelola dengan baik agar bisa dimanfaatkan secara positif dalam menghadapi persaingan dunia usaha…… (artikel selengkapnya klik link di bawah ini)

TUGAS TOMP KNOWLEDGE MANAGEMENT

Skip to toolbar