FAKTOR-FAKTOR KEBERHASILAN DAN KEGAGALAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI

17/01/2015 in Berita

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Penggunaan sistem informasi membuat berbagai pekerjaan menjadi lebih terintegrasi, tidak tergantung tempat dan waktu serta dapat menyajikan informasi secara terpusat dan real time. Hal ini sangat bermanfaaat untuk kelancaran informasi, meningkatkan koordinasi dan efisiensi kerja. Besarnya manfaat tersebut membuat banyak perusahaan ingin mengimplementasikan dalam proses bisnisnya dan bahkan banyak diantaranya sudah pada tahap mengembangkan sistem informasi di perusahaannya (Agustiawan, 2011).

Penggunaan SI secara efektif dapat memberikan keuntungan kompetitif (competitive adventage) bagi organisasi. Selain itu, peranan SI memungkinkan organisasi untuk mengubah bentuk organisasinya, mengubah cara organisasi dalam beroperasi dan mampu mengubah cara organisasi dalam bersaing, apapun jenisnya, baik yang bersifat profit maupun non-profit oriented. Hal ini menunjukkan bahwa SI mempunyai banyak peran dalam organisasi.

Keberhasilan pengimplementasian suatu sistem informasi pada suatu perusahaan/instansi memang dapat menjadi suatu alasan yang menguatkan dalam pengimplementasian pada perusahaan/instansi lain, namun hal ini tentunya tidak dapat menjamin kepastian keberhasilan ataupun kegagalan implementasi pada perusahaan/instansi lain. Untuk mengetahui apakah sistem tersebut dapat diimplementasikan pada perusahaan lain, tentunya diperlukan informasi tentang faktor-faktor keberhasilan ataupun kegagalan pada perusahaan yang telah lebih dahulu mengimplementasikannya. Begitu pula ketika implementasi sistem gagal, kegagalan dalam implementasinya, dapat dijadikan acuan oleh perusahaan lain sehingga perusahaan tersebut tidak mengalami hal yang sama.

 

Link full document :

MAKALAH SIM 1_MARSELI CHRIS_E52 – FAKTOR-FAKTOR KEBERHASILAN DAN KEGAGALAN SI

Skip to toolbar