PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DENGAN PENDEKATAN SELF-SOURCING, INSOURCING, DAN OUTSOURCING

17/01/2015 in Berita

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Saat ini bisnis berkembang dengan sangat pesat, yang menyebabkan persaingan antar perusahaan menjadi semakin ketat. Banyak sekali operasional dalam perusahaan yang harus dilakukan dalam mewujudkan target dari perusahaan. Seorang manajer harus dapat mengambil keputusan dalam pengerjaan operasional suatu perusahaan. Manajer perlu memperhitungkan beberapa faktor dalam mengelola pengerjaan operasional perusahaan seperti faktor waktu, biaya, sumber daya manusia, dan lain sebagainya. Ada beberapa pendekatan dalam mengelola pengerjaan operasional atau pengerjaan suatu proyek dalam perusahaan, yaitu pendekatan self-sourcing, pendekatan in-sourcing, dan pendekatan out-sourcing. Masing-masing pedekatan tersebut pasti memiliki keunggulan dan kelemahan.

Dalam beberapa tahun terakhir ini banyak perusahaan yang menawarkan outsourcing di bidang teknologi informasi. Banyak perusahaan besar yang lebih memilih untuk membeli paket-paket sistem dari vendor pembuat perangkat lunak (software house) daripada harus membuat sendiri system yang dibutuhkan. Kurangnya SDM yang ahli dalam bidang sistem informasi juga menjadi salah satu alasan mengapa perusahaan lebih memilih untuk membeli sistem yang dibutuhkan. Manfaat utama dari system outsource ini adalah pengurangan biaya tetap dan biaya operasional, perusahaan bisa lebih fokus pada bisnis utamanya serta perbaikan proses bisnis internal (Munawar, 2005).

Outsourcing Sistem informasi (SI) adalah komitmen serius-hubungan formal didukung oleh perjanjian kontrak, dengan konsekuensi jangka panjang antara dua atau lebih organisasi. Banyak organisasi berakhir frustrasi ketika mereka menyadari bahwa upaya mereka dalam outsourcing SI perusahaan telah gagal. Namun sebenernya, beberapa kegagalan bisa dihindari dengan pengetahuan tentang kesulitan umum dan faktor penentu keberhasilan seperti melakukan kontrak outsourcing SI (Smuts et all, 2010).

 

Link full document :

MAKALAH SIM 2_MARSELI CHRIS_E52 – SELF-SOURCING, INSOURCING, DAN OUTSOURCING

 

Skip to toolbar