Case no. 3: Sew What? Inc.: The Role of Information Technology in Small Business Success

16/04/2016 in Sistem Informasi Manajemen

Apa kesamaan yang dilakukan oleh Grup Band Sting, Elton John dan Madonna? Selain sebagai bintang rock internasional, mereka semua menggunakan backdrop teater yang dirancang dan diproduksi oleh pembuat gorden kustom Sew What? Inc. Sebelum Sew What? membuat website sewwhatinc.com bisnis dari Sew What? masih bersifat local, akan tetapi setelah perusahaan ini melaunching website-nya dalam 3 tahun perusahaan ini memiliki pelanggan di seluruh dunia. Bahkan revenue perusahaan tersebut meningkat 45% dari tahun sebelumnya dan hampir semua pertumbuhan dari perusahaan tersebut ditunjang oleh sales dari Web-nya. Duckett, penemu dari perusahaan Sew What? memutuskan untuk bahwa Ia membutuhkan perbaikan pada site navigation-nya. Pada saat Ia melihat web-site Dell, Ia melihat ada suatu artikel mengenai sebuah award untuk usaha kecil dan akan mendapatkan hadiah sebesar $30,000 dan selain itu juga mendapatkan semua produk dan jasa dari Dell, keanggotan seumur hidup dalam NFIB dan lainnya. Sew What? memenangkan award tersebut dan pada tahun 2007, Sew What? juga mendapatkan award untuk “most innovative company of the year”. Dengan hadiahnya tersebut Duckett berencana untuk sistem bar code yang dapat melacak proses pembuatan pada saat di gudang. Dengan sistem pelacakan tersebut, Duckett dan karyawannya dapat mengetahui waktu yang dibutuhkan untuk sebuah bahan kain berada dalam suatu proses, yang mana nantinya akan dapat membantu mereka untuk lebih tepat memperkirakan harga dari suatu produk.

Bagaimana teknologi informasi memberikan kontribusi pada keberhasilan bisnis Sew What? Inc.?

Teknologi informasi sangat membantu dalam keberhasilan dari bisnis Sew What?. Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa pada awalnya Sew What? tidak merasa membutuhkan suatu teknologi dalam usahanya, karena bidang usaha menjahit tampak tidak berhubungan dengan teknologi, terutama teknologi informasi. Akan tetapi, hal ini terbukti salah dengan diterapkannya web-sales oleh perusahaan ini, revenue perusahaan dapat meningkat drastis terlebih lagi cakupan usaha dari perusahaan ini menjadi lebih luas, dari yang awalnya hanya mencakup usaha lokal, dalam 3 tahun telah mendapatkan beberapa pelanggan dari internasional. Hal ini juga ditunjang dengan adanya peningkatan revenue sebesar 45% dari tahun sebelumnya atau pada tahun ke-3 setelah menerapkan web-sales tersebut.

Selain itu, pada artikel case study ini juga dijelaskan bahwa dalam kegiatan operasionalnya selain menerapkan web-sales Sew What? juga menggunakan perangkat lunak lain yakni quick-book di mana perangkat lunak tersebut dijalankan oleh sistem operasi Microsoft Windows Server yang terpasang pada server Dell PowerEdge 860 yang didukung dengan teknologi prosesor Intel Xeon dan media penyimpanan yang cukup besar yakni 146 Gigabyte. Penggunaan media penyimpanan yang besar kapasitasnya didasari oleh banyaknya berkas-berkas seperti informasi pelanggan, dokumen operasional yang penting, dokumen keuangan, serta ribuan contoh gambar kain tirai dan jenis-jenis berkas lainnya yang harus di back-up. Sedangkan untuk komputer pendukung menggunakan server komputer tua tipe Dell PowerEdge 500 yang didedikasikan untuk aplikasi yang lebih kecil dan berbagai komputer desktop tipe Dell PC untuk karyawannya.

Jika Anda seorang konsultan manajemen untuk Sew What? Inc., apa yang akan Anda sarankan pada Megan Duckett untuk menjadi lebih sukses dalam bisnisnya pada titik ini? Peran apa yang akan anda mainkan dalam proposal teknologi informasi? Berikan rekomendasi yang spesifik.

Sebagai seorang konsultan manajemen untuk sebuah perusahaan, banyak sekali rekomendasi yang dapat diberikan, antara lain: Strategi promosi dari target market.

Langkah awal adalah menentukan terlebih dahulu target market dari perusahaan ini. Dalam hal ini, produk yang dipasarkan Sew What? Inc. adalah termasuk Industrial Goods, oleh karena itu target market dapat merupakan end-users ataupun B2B dengan proporsi target end-users yang lebih kecil. Oleh karena itu, salah satu strategi promosi yang dapat dilakukan untuk merangkul semua klasifikasi pelanggannya adalah strategi promosi personal selling dengan membuat Video Profile dan meng-uploadnya di website usaha/bisnis yang menggambarkan bangunan kantor, aktivitas kerja, interior atau ruangan-ruangan penting, produk dan jasa unggulan, proses produksi, inventaris atau aset kantor, fasilitas kantor, wawancara pimpinan, testimoni pelanggan dan lain-lain. Video profile ini berfungsi untuk menggambarkan sekaligus memperkenalkan produk dan jasa kepada pelanggan lama maupun baru yang potensial, dengan begitu akan tercipat image yang positif dari perusahaan. Dengan adanya image positif tersebut dimungkinkan adanya pertumbuhan jumlah pelanggan baru yang tertarik untuk bekerja sama. Ketika semakin banyak pelanggan baru yang potensial maka manfaat dari sisi kredibilitas perusahaan akan terus meningkat dan pada akhirnya akan berdampak pada pertumbuhan revenue perusahaan.

Strategi promosi lain yang dapat digunakan adalah Public Relation antara lain dengan merilis berit-berita tentang kegiatan usaha, mengadakan sales promotion (pemberian diskon/hadiah) yang dapat disampaikan melalui website serta dapat pula dengan membuat halaman khusus di dalam website yang sifatnya interaktif. Sebagai contoh adalah adanya forum diskusi atau keanggotaan. Forum diskusi atau keanggotaan ini menghadirkan interaksi antara orang-orang yang berada di jalur bisnis yang sama untuk berdiskusi tentang masalah yang terjadi saat ini dan bagaimana solusi yang dapat diberikan sehingga pihak pengelola organisasi ataupun perusahaan dapat mencegah atau meminimalisir permasalahan tersebut. Sebagai pihak organisasi atau perusahaan yang menghadirkan forum diskusi ini di dalam website mereka pastilah harus bisa memberikan solusi dan saran secara profesional, karena pelanggan akan menilai perusahaan dari setiap solusi dan saran yang diberikan dan pastinya pelanggan tersebut akan terus mengikuti perkembangan dari permasalahan yang ada. Semakin baik solusi dan saran yang diberikan akan semakin meningkatkan kredibilitas dari bisnis perusahaan di website tersebut.

Peran yang dimainkan di sini adalah sebagai konsultan dalam desain web dan juga content yang sebaiknya ada pada website perusahaan tersebut. Dalam proposal tersebut juga dapat disarankan teknologi apa yang digunakan perusahaan untuk lebih meningkatkan performa dari website-nya agar dapat berjalan sesuai dengan tujuan perusahaan.

Bagaimana penggunaan teknologi informasi membantu bisnis kecil yang anda ketahui menjadi lebih sukses? Berikan beberapa contoh untuk mendukung jawaban Anda.

Pada artikel ini telah jelas digambarkan bahwa teknologi informasi dapat meningkatkan nilai dari suatu perusahaan lokal menjadi perusahaan berkelas internasional. Bisnis yang dijalankan oleh Megan Duckett berawal dari dapur maupun garasi kecil yang ada di rumahnya berubah menjadi suatu lembaga berbadan hukum perusahaan yang berskala internasional. Contoh lainnya juga dapat dilihat dengan maraknya industri online shop, Industri restoran seperti Ayam Goreng Suharti. Pada awalnya, restoran ini hanya sebuah rumah makan yang berada di Yogyakarta. Dengan adanya teknologi informasi, restoran ini telah memanfaatkan komputer untuk meningkatkan jumlah pelanggan dengan memperbesar pangsa pasarnya melalui media internet, yakni dengan pembuatan website di alamat situs http://nysuharti.com/. Hal ini terbukti nyata bahwa dengan adanya bantuan dari teknologi informasi, kini restoran ini dapat dikunjungi tidak hanya di Yogyakarta akan tetapi juga dapat dikunjungi di beberapa kota besar di Indonesia. Dengan penggunaan komputer di kasir untuk membantu me­-record semua aktifitas pemesanan maupun pembayaran oleh pelanggan memudahkan karyawan untuk melayani pelanggan dengan sepenuhnya dan dengan computer tersebut waktu yang digunakan oleh pelanggan untuk melakukan pembayaran menjadi lebih mudah sehingga kepuasan pelanggan menjadi meningkat. Dengan meningkatnya kepuasan pelanggan maka revenue dari restoran akan semakin meningkat. Hal ini didukung oleh studi yang membuktikan bahwa kepuasan dapat meningkatkan revenue perusahaan. Selain itu, dengan menggunakan media internet untuk tetap berhubungan dengan para cabang yang dikelolanya yang saat ini membuat Ayam Goreng Suharti menjadi lebih dikenal dan juga lebih fleksibel. Dengan adanya teknologi komunikasi, pemesanan tempat dapat dilakukan. Dan dengan teknologi komputerisasi semua pesanan pelanggan baik untuk delivery order ataupun makan di tempat dapat ter-record dengan baik, sehingga dapat digunakan untuk dilakukan analisa penjualan dengan teknologi informasi lainnya.

Hal ini juga dilakukan oleh beberapa restoran lainnya seperti Ayam Bakar Mas Mono, dan usaha kecil menengah gedong meneng Bandar Lampung. UKM yang memiliki komputer dalam membantu sistem usahanya, berarti mereka telah memahami pentingnya TI untuk meningkatkan produktivitas UKM yang nantinya akan bermuara pada pembentukan UKM yang berdaya saing.

Skip to toolbar