“Pasar Rakyat Ku Sayang”

23/10/2016 in Berita

20161016_063047Sudah menjadi pola keseharian yang dapat secara sengaja terlihat dibeberapa pasar yang ada di Kota Bogor tercinta. Kesibukan tak pernah henti di tempat berkumpulnya para trader, costumer dan provider yang dengan semangatnya bertransaksi sejak malam hari hingga jualan mereka habis ludes oleh para pelanggan yang tidak pernah bosan berdatangan dari seluruh penjuru kota.

Kesemerawutan yang sangat dinikmati dengan hati lapang, kebisingan lalu lalang kendaraan yang dicintai telinga mereka, basah dan kumuhnya dataran tempat berpijak tak pernah lukai hati mereka. “kenikmatan” ini yang dari hari ke hari semakin meyakinkan hati dan jiwa mereka bahwa inilah pasar terbaik tempat kami mengais rejeki setiap hari untuk hidupi keluarga kami. Perhatian pemerintah Kota yang mulai berpikir untuk benahi fasilitas umum seperti Pasar ini juga tidak pernah mereka sadari. Peluh, kebisingan, aroma tak sedap dan panasnya mentari semua itu telah menutup mata dan hati. Semangat cultural transformation atau perubahan budaya yang dengan semangat dilontarkan pemerintah kota tidak pernah singgah dalam mimpi mereka sekalipun. Kenyamanan yang telah berasimilasi dengan aktivitas keseharian tidak mampu lagi mengobati cara berpikir yang salah. Tapi itulah rakyat kita, rakyat yang cinta kesederhanaan dan cinta akan kebersamaan.

Seandainya mereka semua tahu bahwa revitalisasi pasar menjadi pasar rakyat yang modern dengan tambahan fasilitas dan system rantai pasok yang tertata, kebersihan lingkungan yang terjaga, kesegaran dan kesehatan barang dagangan yang diperjual belikan selalu terpantau, kenyamanan bagi penjual dan pembeli menjadi unsur utama peningkatan  pelayanan, semua itu justru akan meningkatkan nilai tambah (added Value) bagi seluruh pedagang. Harga yang stabil tidak dimainkan oleh para spekulan, pasokan barang selalu tepat waktu sesuai perjanjian dan kualitas barang yang diperjual belikan juga selalu yang terbaik. Dengan manajemen pasar yang baik dan dikelola pemerintah kota yang secara tugas dan fungsi memang melayani masyarakat dan melakukan monitoring dan evaluasi secara berkelanjutan sehingga dapat terus membenahi dan memperbaiki pelayan yang belum memuaskan. Akumulasi dari nilai tambah tersebut justru dapat meningkatkan ekonomi rakyat dan Negara.

Sehingga perlu kerja keras pemerintah kota untuk merubah pasar rakyat kota bogor menjadi pasar modern yang secara tidak langsung juga akan mempercantik kota. Dan pasarpun tidak hanya menjadi tempat jual beli semata tetapi akan menjadi lokasi menarik bagi para turis lokal maupun asing untuk dikunjungi. Pekerjaan berat masih menanti pemerintah kota Bogor karena masih ada 12 pasar rakyat yang menunggu direvitalisasi.

(Judianto-2016)

Skip to toolbar